OPTIMALISASI PERAN GURU PAUD/TAK DALAM MENINGKATKAN TUMBUH KEMBANG ANAK PRASEKOLAH
Isi Artikel Utama
Abstrak
PAUD/TK Assyofa adalah salah satu sekolah yang berada di Kota Padang yang memiliki jumlah siswa dan siswi sebanyak 87 orang dengan jumlah guru 5orang. Dalam survey awal ditemukan 5 orang anak yang memiliki permasalahan dalama tumbuh kembang nya. Dari hasil pretest awal tentang pengetahuan yang dilakukan kepada guru PAUD/TK Assoyfa didapatkan data bahwa yang memiliki pengetahuan rendah sebanyak 60%. Anak dengan status tumbuh kembang terganggu dengan LILA kecil sebanyak 54,02%. Upaya yang akan dilakukan adalah memberikan edukasi atau pengetahuan kepada guru PAUD/TK untuk mengoptimalkan peran mereka dalam meningkatkan tumbuh kembang anak prsekolah pada umumnya, dan anak didikan mereka pada khsususnya. Dengan menggunakan media yang dapat dipahami oleh guru dan adanya ruang diskusi yang menjadin tempzt bertukar informasi yang mempunyai harapan agar para guru dapat memahami edukasi atau pengetahuan yang diberikan. Sehingga guru PAUD/TK dapat mengoptimalkan peran untuk meningkatkan tumbuh kembang anak prasekolah, yang mana bertujuan untuk mengurangi resiko yang akan terjasdi pada anak dalam gangguan tumbuh kembang mereka. Luaran yang ditargetkan adalah publikasi artikel di jurnal terakreditasi, publikasi di media cetak dan elektronik, serta peningkatan pengetahuan mitra tentang tumbuh kembang anak prasekolah.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Cahyawati, P. N., Naya, A., & Permatananda, K. (2022). Pendampingan Kader Posyandu Desa Kerta dalam Penerapan Gizi Seimbang dan Pemantauan Tumbuh Kembang Anak. Warmadewa Minesterium Medical Journal, 1(3).
Fatmawati, T. Y., Ariyanto, A., Efni, N., & Asparian, A. (2023). Edukasi pada Ibu tentang Pemantauan Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 5(3), 546. https://doi.org/10.36565/jak.v5i3.574
Jati, K., Intaniasari, Y., Ningrum, R. S., Hafida, S. H. N., Utami, R. D., Ariyadi, M. Y., & Subekti, T. A. (2022). Peningkatan Pemahaman Pola Asuh melalui Sosialisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Menciptakan Generasi Emas. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 12–23. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.19177
Nurul Abidah, S., & Novianti, H. (2020). Pengaruh Edukasi Stimulasi Tumbuh Kembang terhadap Kemampuan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun oleh Orangtua. Poltekita?: Jurnal Ilmu Kesehatan, 14(2), 89–93. https://doi.org/10.33860/jik.v14i2.132
Pendidikan Sosial dan Humaniora, J., Farida Batu Bara, I., Rezeki Jelita Rajagukguk, S., Trimaya Lumban Toruan, J., Hastuti Harianja, J., Widiastuti, M., Kunci, K., Orang Tua, P., & Kembang Anak, T. (n.d.). Pediaqu?: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora Volume 1 Nomor 4 ( 2022) 341 PERAN ORANG TUA DALAM TUMBUH KEMBANG ANAK. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Potto, A. U., Rahim, R., Fitriani, R., & Sari, J. I. (2023). Gambaran Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar Tahun 2020. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 5(2), 145–149. https://doi.org/10.29313/jiks.v5i2.11757
Wijayanti, E. T., Risnasari, N., & Aizah, S. (2022). Pengenalan Skrining Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Berbasis Guru PAUD di TK Al Fath Desa Gondanglegi Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(1), 99–105. https://doi.org/10.29407/ja.v6i1.15897