PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS DASAR GURU SLB AUTIS MITRA ANANDA PADANG

Isi Artikel Utama

Firdaus Firdaus
Sri Suciana
Nikita Ratu Juliandri
Ayu Fajra N
Femi Earnestly

Abstrak

Latar Belakang :


Pemerataan pembelajaran bagi anak haruslah dirasakan oleh semua  termasuk bagi anak yang memiliki keterbatas seperti anak autis. Pengetahuan belajar Bahasa Inggris dirasa perlu dikenalkan kemereka sejak dini sebagai wadah pengetahuan dan pengembangan kemampuan. Bagi Sekolah Luar Biasa Autis Mitra Ananda  pengetahuan berbahasa Inggris perlu disiapkan dan dirancang dengan baik. Namun, para guru di sekolah ini belum mempunyai pengetahuan dan keahlian dasar yang memadai. Tujuan pelaksanaan pengabdian ini untuk melatih para pengajar dalam menguasai percakapan dasar berbahasa Inggris khususnya pengetahuan kosa kata dan pengucapan. 


Metode :


Metode pelaksanaan yaitu dengan melakukan pelatihan percakapan berbahasa Inggris kepada seluruh guru yang ada di Sekolah Luar Biasa Autis Mitra Ananda Padang sebanyak 8 orang. Perberian pelatihan difokuskan pada pelaksanaan peningkatan kemampuan berbicara aspek kosa kata dan pengucapan.


Hasil :


Pelaksanaan pengabdian diawalai pemberian tes awal untuk melihat kemampuan dasar guru dan didapat hasil rata-rata 1,56. Diakhir pelatihan diberikan test dan didapat hasil rata rata 3,31. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa pelatihan percakapan dasar bahasa Inggris guru Sekolah Luar Biasa Autis Mitra Ananda meningkat pada kosa kata dan pengucapan. Dengan peningkatan kemampauan ini diharapkan membawa kepercayaan para guru untuk mengajarkannya dikelas.


 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amelia, Siska. 2021. “Meningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Berkebutuhan Khusu Melalui Flashcard Di Sekolah Khusus Negeri 03 Jakarta Pusat.” 99–103.

Azizah, Dafiniyatul. 2022. “Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.” Universitas Pahlawan Tuanku Tambusi 6(2):448–55.

Daroni, Gangsar Ali, Gina Solihat, and Abdul Salim. 2018. “Manajemen Pendidikan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Untuk Anak Autis.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 5(2):196–204. doi: 10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p196-204.

Firdaus, Firdaus, Ilham Akerda Edyyul, Wia Septia, and Femi Earnestly. 2024. “Peningkatan Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Autis Melalui Permainan Kartu Dan Gerak Lagu.” Jurnal Pendidikan Dasar 14(2):146–57. doi: 10.21009/jpd.v14i2.41420.

Harsiati, Titik, and Ida Lestari. 2019. Pengembangan Alat Penilaian Kompetensi Berbicara.

Hidayati, Niswatin Nurul. 2017. “Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Dengan Kartu Bergambar.” Al-Hikmah?: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education 1(1):67–86. doi: 10.35896/ijecie.v1i1.6.

Mulyanti, Eneng, and Mega Febriani Sya. 2023. “Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Media Kartu Bergambar Di Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid 2(2):409–504.

Rohmat, Rohmat. 2017. “Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini.” YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak 12(2):299–325. doi: 10.24090/yinyang.v12i2.2017.pp299-325.

Sari, Nasywa Nur Kamila, Zahra Pinkan Maulida, and Aulia Salmawati. 2024. “Pentingnya Bahasa Inggris Pada Era Globalisasi.” Karimah Tauhid 3(3):3685–92. doi: 10.30997/karimahtauhid.v3i3.12571.

Tri Widyahening, Christiana Evy, and MH Sri Rahayu. 2021. “Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Dengan Media Cerita Rakyat Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 5(1):108. doi: 10.32585/jkp.v5i1.913.