STUDI EKSPLORATIF TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUANGAN RAWAT GABUNG RSUP DR. M.DJAMIL PADANG TAHUN 2018

Isi Artikel Utama

Dian Furwasyih

Abstrak

Abstrak


Dalam 2 (dua) dekade terakhir, cakupan persalinan di fasilitas kesehatan meningkat; meskipun demikian, penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir masih lambat. Dengan peningkatan angka persalinan di fasilitas kesehatan, perhatian tenaga kesehatan kini beralih pada kualitas pelayanan, sebab kualitas pelayanan yang buruk berkontribusi pada angka kesakitan dan kematian ibu dan bayi.(World Health Organization (WHO), 2016). Kualitas pelayanan memiliki hubungan signifikan yang sangat kuat dengan kepuasan pasien. (Juliana, 2017). Tujuan penelitian adalah mengeksplorasi tingkat kepuasan pasien di ruangan rawat gabung RSUP Dr. M. Djamil Padang pada tahun 2018. Ruang lingkup penelitian adalah pada indikator proses. Desain penelitian adalah studi potong lintang dengan metode kualitatif. Informan berjumlah 71 orang. Teknik pengambilan sampel adalah convenient sampling. Pengumpulan data dilakukan dari tanggal 1 Februari hingga 31 Maret 2018 dengan teknik in-depth interview. Pengumpulan data dibantu oleh 2 (dua) orang pewawancara. Setiap wawancara membutuhkan waktu ± 12 menit dan direkam menggunakan telepon genggam. Wawancara dilakukan dalam bahasa Indonesia.  Analisis data dengan aplikasi NVIVO QSR 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir 30% informan berumur antara 31 – 35 tahun, lebih dari separuh (50.75%) informan dengan tingkat pendidikan menengah, sebagian kecil informan (16.42%) adalah ibu bekerja, dan lebih dari 80% informan dirawat lebih dari 5 hari. Pada analisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan didapatkan lebih dari separuh (71.64%) informan menyatakan puas terhadap pelayanan tenaga kesehatan di ruangan. Hampir 16% informan menyatakan tidak puas dengan pelayanan yang diterima di ruangan. Saran perbaikan berfokus pada sikap petugas saat memberikan pelayanan, kenyamanan selama dirawat, pemberian informasi perawatan, dan respon petugas terhadap keluhan pasien. Perlu adanya tindak lanjut dari pihak rumah sakit tentang saran perbaikan tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan di ruangan.


 


Kata kunci : kepuasan pasien, ruangan rawat gabung, pelayanan RS

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Furwasyih, D. (2019). STUDI EKSPLORATIF TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUANGAN RAWAT GABUNG RSUP DR. M.DJAMIL PADANG TAHUN 2018. JURNAL KESEHATAN MERCUSUAR, 2(1), 7. https://doi.org/10.36984/jkm.v2i1.18
Bagian
Articles