PERILAKU KELUARGA TENTANG PARENTING EDUCATION UNTUK TUMBUH KEMBANG BAYI DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS LANGSA KOTA
Main Article Content
Abstract
Masalah gangguan perkembangan anak dari tahun ke tahun masih belum teratasi. Pada tahun 2022, gangguan tumbuh kembang anak di Indonesia sebesar 7,51%. Oleh karena itu, keluarga, terutama orang tua, memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku keluarga tentang parenting education untuk tumbuh kembang bayi di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Langsa Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh keluarga yang memiliki bayi di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Langsa Kota sebanyak 110 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 responden. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden berdasarkan usia sebagian besar berusia 30-39 tahun sebanyak 27 responden (51,9%), berdasarkan paritas sebagian besar multipara sebanyak 40 responden (76,9%), berdasarkan pendidikan sebagian besar berpendidikan menengah (SMA/Sederajat) sebanyak 46 responden (88,5%), berdasarkan pekerjaan sebagian besar IRT sebanyak 46 responden (88,5%) dan berdasarkan usia bayi sebagian besar 7-12 bulan sebanyak 49 responden (94,2%). Perilaku keluarga tentang parenting education untuk tumbuh kembang bayi sebagian besar kurang baik sebanyak 30 responden (57,7%). simpulan: Perilaku keluarga tentang parenting education untuk tumbuh kembang bayi di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Langsa Kota sebagian besar kurang baik.
Downloads
Article Details
References
Ardiansah, W.A. et al. (2024) ‘Sosialisasi Parenting Education dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman tentang Peran Aktif Orangtua dalam Pendampingan Anak di Rumah’, KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(1), pp. 77–83. Available at: https://doi.org/10.55606/kreatif.v4i1.2853.
Hasanah, R.N. and Yulianingsih, W. (2020) ‘Hubungan Antara Kegiatan Parenting Education Dan Kemampuan Sosialisasi Anak Usia Dini di PAUD Mutiara Hati Keputih Surabaya’, J+Plus Unesa, 9(2), pp. 115–119.
Hastono (2018) Analisa Data Penelitian. Jakarta: Rhineka Cipta.
IDAI (2022) ‘Ikatan Dokter Anak Indonesia: Keterlambatan Perkembangan Umum pada Anak’.
Manurung, F. (2021) ‘Implementasi dan Implikasi Program Parenting dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar (Studi di SDIT Salman Al Farisi Mlati Sleman Yogyakarta)’, Jurnal Pendidikan dan Keislaman, AL-Fathonah, 2(2).
Ngewa, H.M. (2021) ‘Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak’, Ya Bunayya, 1(1), pp. 96–115.
Notoatmodjo, S. (2020) Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurpadilah, D. et al. (2024) ‘Pentingnya Disiplin Dan Batasan Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini’, Research in Early Childhood Education and Parenting, 5(1), pp. 21–36.
Sari, P.P., Sumardi, S. and Mulyadi, S. (2020) ‘Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini’, Jurnal Paud Agapedia, 4(1), pp. 157–170. Available at: https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206.
Setiadi (2017) Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiarti, T. and Asti, A.S.W. (2024) ‘PKM Positif Parenting untuk Memahami dan Merespon Perilaku Anak di TK Tarangati Kabupaten Takalar’, 02(02), pp. 264–272.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabeta.
Sukma, Hayati, F. and Marlini, C. (2021) ‘Peran Keluarga Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus di PAUD Gaseh Bunda di Kabupaten Aceh Besar)’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), pp. 1–17.
Sunarsih, T. et al. (2021) ‘Hubungan Karakteristik Orang Tua Dengan Perkembangan Anak’, Jurnal Kebidanan, 13(01), pp. 24–36. Available at: https://doi.org/10.35872/jurkeb.v13i01.417.
Yurissetiowati (2021) Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Lakeisha.