HUBUNGAN UMUR DAN JENIS KELAMIN TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS

Main Article Content

Guslinda Guslinda
Yola Yolanda
Afifah Nabila Putri
Tifa Albiqyah
Galuh Maharani Putri
Dina Gustina Putri

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi anak autis adalah ketidakmampuan dalam melakukan interaksi sosial, tidak memiliki respons sosial dan empati, komunikasi sosial bermasalah serta kesulitan dalam menjalin hubungan sosial.  Banyak faktor yang menyebabkan anak autis tidak dapat berinteraksi sosial secara baik diantaranya adalah motivasi, jenis kelamin, lingkungan, nilai latar belakang sosio kultural, dan usia. Faktor usia dan jenis kelamin cenderung lebih besar mempengaruhi interkasi anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran hubungan usia dan jenis kelamin terhadap kemampuan interaksi sosial anak berkebutuhan khusus (Autisme). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif analitik dengan desain cross-sectional. Sampel pada penelitian ini adalah Anak berkebutuhan khusus (Autisme) di PKh Autisma YPPA dengan instrumen yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Autism Treatment Evaluation Checlist (ATEC). Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan interaksi sosial pada anak autis hampir seluruhnya mempunyai kriteria kurang baik. Faktor yang mempengaruhinya adalah umur.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Guslinda, G., Yolanda, Y., Afifah Nabila Putri, Tifa Albiqyah, Galuh Maharani Putri, & Dina Gustina Putri. (2025). HUBUNGAN UMUR DAN JENIS KELAMIN TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS. JURNAL KESEHATAN MERCUSUAR, 8(1), 125–130. https://doi.org/10.36984/jkm.v8i1.604
Section
Articles

References

Iman, P. N., & Sulasminah, D. (2024). Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Autis Melalui Metode Bermain Kelompok pada Siswa Non – Autis di Sekolah Luar Biasa. 0, 184–200.

Mayasari, A. (2021). Kemampuan Komunikasi Anak Autis dalam Interaksi Sosial Usia 4-5 Tahun di TK Inklusi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022.

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Edisi 5). Salemba Medika.

Sinaga, W., Insani, N., & Renylda, R. (2022). Faktor Interaksi Sosial pada Anak Autis di Pusat Layanan Autis. Journal of Telenursing (JOTING), 4(2), 636–645. https://doi.org/10.31539/joting.v4i2.4295

UNICEF. (2023). Laporan Tahunan 2021 UNICEF Indonesia. United Nations Children’s Fund World Trade Centre 2, 16–16. https://www.unicef.org/indonesia/media/13816/file/Laporan Tahunan 2021 - Single page.pdf

Yuswatingsih Endang. (2021). Kemampuan interaksi sosial anak autis. 13(2), 6.