EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KOGNITIF MAHASISWA TENTANG MATERI KEBUTUHAN OKSIGENASI
Main Article Content
Abstract
Kemampuan kognitif dalam pendidikan keperawatan merupakan komponen penting untuk mempertanggungjawabkan tindakan dalam asuhan keperawatan yang profesional. Mahasiswa keperawatan diharapkan dapat menganalisis informasi, berfikir kritis, memiliki keterampilan klinis dan membuat keputusan yang benar dalam konteks klinis. Problem Based Learning merupakan suatu strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, mengembangkan pembelajaran aktif, keahlian pemecahan masalah dan keterampilan. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning untuk meningkatkan kognitif mahasiswa. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan pre-test dan post-test dengan populasi mahasiswa D-III Keperawatan Akper Kesdam I/BB Padang. Teknik pengampilan sampel adalah total sampling sejumlah 41 orang mahasiswa tingkat II. Hasil penelitian pemberian metode Problem Based Learning kepada mahasiswa tingkat II menunjukkan rata-rata nilai pretest 61.05 dan nilai posttest 86,71, hasil uji paired sample t-test tabel diatas memperoleh nilai sig. (2 tailed) 0,00, sesuai dengan pengambilan keputusan uji paired sample t-test jika nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kognitif mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Kesimpulan hasil penelitian yaitu adanya pengaruh model pembelajaran PBL dalam meningkatkan kognitif mahasiswa. Diharapkan metode PBL dapat diaplikasikan kepada mahasiswa keperawatan untuk meningkatkan kognitif pada semua mata kuliah.
Downloads
Article Details
References
Caesario, M. (2020). Medical Students Experience with Problem Based Learning in Asia. The Journal of the Indonesian Medical Student’Association.
Febiola Turnip, C. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 095130 Senio Bangun Info Artikel Abstrak. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia, 1(1), 3131–3140.
Fredrikson, M. , J. S. , & R. T. (2020). Model inversion attacks that exploit confidence information and basic countermeasures. In Proceedings of the 22nd ACM SIGSAC Conference on Computer and Communications Security , 1322–1333.
Hameed, I. , & J. T. U. (2021). Comparative study of teaching strategies in the higher education system of Punjab and Khyber Pakhtunkhwa. 32(2), 126–134.
Jauhari, S. F. , P. V. , & P. M. R. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPAS. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 36–43.
Masliah, L. , N. S. D. , & S. S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10.
Ningrum, S. , I. I. , & N. A. A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8460–8464.
Patmawati, T. A. , S. A. , & S. S. (2018). (2022). Patmawati, T. A., Saleh, A., & Syahrul, S.. Efektifitas metode pembelajaran klinik terhadap kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri mahasiswa keperawatan: A Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 3(2)., 3.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D (26th ed). Alfabeta.
Syahrizal, H. , & J. M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23.
Wahyuningsih, I. S. , & S. A. (2023). Pengalaman mahasiswa S1 keperawatan dalam metode pembelajaran problem based learning. PROSIDING SEMINAR NASIONAL.
Wicaksono, A. , & R. A. S. (Eds. ). (2020). Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat. Garudhawaca.